VoyForums
[ Show ]
Support VoyForums
[ Shrink ]
VoyForums Announcement: Programming and providing support for this service has been a labor of love since 1997. We are one of the few services online who values our users' privacy, and have never sold your information. We have even fought hard to defend your privacy in legal cases; however, we've done it with almost no financial support -- paying out of pocket to continue providing the service. Due to the issues imposed on us by advertisers, we also stopped hosting most ads on the forums many years ago. We hope you appreciate our efforts.

Show your support by donating any amount. (Note: We are still technically a for-profit company, so your contribution is not tax-deductible.) PayPal Acct: Feedback:

Donate to VoyForums (PayPal):

Thursday, September 19, 18:19:09Login ] [ Contact Forum Admin ] [ Main index ] [ Post a new message ] [ Search | Check update time | Archives: 123 ]
Subject: Re: Kayu lapuk tidak bisa diukir !!


Author:
butongpay (happy)
[ Next Thread | Previous Thread | Next Message | Previous Message ]
Date Posted: 17:49:17 01/30/08 Wed
In reply to: Kera Sakti 's message, "Kayu lapuk tidak bisa diukir !!" on 21:59:58 01/29/08 Tue

P’u: Kayu yang Belum Diukir
Sejenak bayangkan anda seorang tukang kayu yang berhasil. Anda memandang sebatang kayu yang belum diukir dengan penuh cinta, karena Anda tahu kayu itu adalah potensi yang belum digarap. Sebagai materi yang belum digarap, kayu itu dapat menjadi apapun - kemungkinannya tidak terbatas. Tidak seorangpun dapat memberinya nama, karena memang belum menjadi sesuatu kecuali yang ada pada keadaan alaminya, keadaan yang belum tersentuh, sangat serupa dengan Tao.
Kaum Taoist percaya bahwa jika kita dapat kembali ke keadaan yang serupa dengan kayu yang belum diukir itu, p’u, kita menemukan Tao.
Orang bijak mencoba menjadi seperti kayu yang belum diukir, terbuka pada potensi, tanpa menjadi terbatas pada satu definisi.
Dalam keadaan sebagai materi kasar itulah justru kayu P’u itu dipenuhi potensi.

Jika kita berusaha membimbing tindakan kita semata-mata dengan standar eksternal, yakni suatu kriteria dari luar situasi yang kita geluti, berarti kita gagal. Standar eksternal harus diindividualkan untuk dapat diterapkan. Mulailah dengan terlebih dahulu menyimak situasi pribadi Anda sendiri. Dari sini, renungkanlah Tao dari berbagai situasi secara umum untuk menemukan wahyu yang membimbing. Situasi individual adalah ekspresi hidup dari Tao yang lebih agung.

Kayu yang belum diukir mengarah pada kebijaksanaan. Tao pada masing-masingnya sama dengan yang ada pada semuanya. Karena itu, seseorang dapat meluaskan hidup dan kapasitasnya melalui keluarga, komunitas, negara dan dunia. Untuk kembali pada diri Anda yang sejati, bantulah sesama dan keluarga agar menyadari dan hidup dalam Tao. Dengan demikian, kebijaksanaan agung dan pertimbangan yang baik pun dapat ditemukan dan diekspresikan.

[ Next Thread | Previous Thread | Next Message | Previous Message ]

Replies:
Subject Author Date
Re: Kayu lapuk tidak bisa diukir !!Kera Sakti14:50:23 01/31/08 Thu


Post a message:
This forum requires an account to post.
[ Create Account ]
[ Login ]
[ Contact Forum Admin ]


Forum timezone: GMT+7
VF Version: 3.00b, ConfDB:
Before posting please read our privacy policy.
VoyForums(tm) is a Free Service from Voyager Info-Systems.
Copyright © 1998-2019 Voyager Info-Systems. All Rights Reserved.